Laman

Rabu, 24 Oktober 2018

Periksalah kejiwaan anda ke Psikolog

Ketika seseorang menganjurkan Anda untuk menjalani terapi dengan psikolog,  bagaimana reaksi Anda? Tersinggung atau justru merasa orang tersebut ada benarnya? Di Indonesia memang kesehatan mental belum dianggap serius. Akibatnya banyak orang enggan ke psikolog meskipun sebenarnya sangat membutuhkan konsultasi psikologi.

Buat apa pergi ke psikolog?

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa harus pergi ke psikolog kalau bisa menceritakan masalah yang dihadapi dengan orang terdekat? Memang tak ada salahnya curhat dengan orang terdekat. Namun, psikolog bisa membantu Anda lebih cepat dan efektif.
Psikolog sudah terlatih dan berpengalaman untuk benar-benar mendengarkan kliennya. Melalui serangkaian pendidikan dan pelatihan, mereka telah dibekali kemampuan menggali akar masalah berdasarkan cerita Anda. Mereka juga punya keahlian yaitu mengajari Anda bagaimana mekanisme terbaik untuk menghadapi masalah.
Di samping itu, psikolog adalah sosok yang netral. Ia tak bersikap bias dan tak punya keinginan pribadi supaya Anda melakukan hal-hal yang tidak sejalan dengan nilai-nilai yang Anda anut. Berbeda dengan anggota keluarga atau pasangan. Mereka mungkin akan memberi saran yang kurang tepat pada Anda. Ini karena orang terdekat biasanya sudah punya gambaran atau harapan akan sosok ideal Anda, padahal belum tentu tepat.

Apakah saya butuh konsultasi psikologi?

Ada pandangan keliru dalam masyarakat bahwa hanya “orang gila” saja yang harus ke psikolog. Padahal, siapa saja boleh dan perlu melakukan konsultasi psikologi demi menjaga kesehatan mentalnya. Tak perlu didiagnosis depresi dan punya gangguan jiwa dulu baru pergi ke psikolog.
Anggap saja seperti periksa kesehatan ke dokter atau ikut imunisasi supaya kebal terhadap penyakit. Ingat, kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan badan Anda. Bila Anda mengalami tanda-tanda di bawah ini, segera cari bantuan psikolog terpercaya.

1. Masalah Anda sudah sangat mengganggu

Perhatikan seberapa intens reaksi Anda terhadap masalah yang muncul. Misalnya tidak bisa konsentrasi waktu kuliah, kerja, atau mengasuh anak. Bisa juga Anda jadi sering menangis atau marah-marah.
Gejala lain yang perlu diamati adalah putus asa, cemas berlebihan, susah tidur, kehilangan nafsu makan atau justru ingin makan terus, sakit kepala dan sakit perut tanpa penyebab yang jelas, serta menarik diri dari orang-orang di sekitar Anda. Apalagi kalau reaksi ini sudah berlangsung lebih dari dua minggu lamanya.

2. Anda sudah melakukan berbagai cara untuk menyelesaikan masalah, tapi tak berhasil

Anda mungkin sudah mengusahakan banyak cara untuk menyelesaikan masalah. Misalnya berlibur, beribadah, atau bicara dengan orang terdekat. Sayangnya cara-cara tersebut belum berhasil memperbaiki kondisi Anda.
Anda butuh mekanisme lain untuk menghadapi situasi ini. Caranya yaitu berkonsultasi dengan psikolog. Ingat, minta bantuan psikolog bukan berarti Anda lemah atau gila. Justru artinya Anda mau dan mampu merawat diri sendiri.  

3. Keluarga atau sahabat mulai lelah dengan keluhan Anda

Awalnya mungkin orang terdekat Anda selalu ada dan mendukung. Namun, lama-lama mereka menjauh atau menghindari topik pembicaraan tentang masalah Anda. Berarti orang terdekat Anda sudah kewalahan dan tidak sanggup lagi mengatasi berbagai keluhan Anda. Ini wajar karena memang tak semua orang dibekali dengan ilmu kesehatan mental yang memadai.

4. Anda mulai mencari pelarian yang tidak sehat

Apakah anda kecanduan rokok, alkohol, obat-obatan, pornografi, atau judi? Atau Anda tidak bisa menahan dorongan belanja gila-gilaan? Candu memang bisa jadi bentuk pelarian dari masalah Anda meski barang sejenak. Sebelum tambah parah, segera cari jasa konsultasi psikologi yang bereputasi baik.

5. Anda pernah atau baru saja mengalami kejadian traumatis

Gangguan psikologis biasanya muncul akibat kejadian traumatis yang baru saja dialami seperti kehilangan sosok tercinta, perceraian, kehilangan pekerjaan, bencana alam, atau didiagnosis dengan penyakit tertentu. Bisa juga peristiwanya sudah terjadi bertahun-tahun lalu tapi traumanya muncul lagi. Misalnya pada kasus kekerasan seksual, kekerasan anak atau kekerasaan rumah tangga.

Trauma psikologis tak mungkin hilang begitu saja seiring berjalannya waktu. Trauma hanya akan terpendam dan sewaktu-waktu bisa meledak atau menghantui kehidupan Anda. Maka, Anda harus mampu mengenali, mengolah, dan move on dari trauma tersebut. Karena itulah Anda butuh bantuan psikolog. 

 Accurate Health Center Medan merupakan salah satu solusi terapi untuk anda sebab merupakan sebuah rangkaian terapi holistik  yang menyediakan konsultasi psikologi, terapi psikologi, hipnoterapi, akupunktur yang dapat  membantu anda dalam rangka memberikan sebuah sesi terapi penyembuhan bagi anda yang mempunyai masalah kejiwaan

Pengobatan "Accurate" Health Center merupakan pengobatan yang aman, alami dan tanpa efek samping. Rahasia Terjamin.

Hubungi "Accurate" Health Center untuk penangananya.

"Accurate" Health Center Medan
Jl. Tilak No. 76 (Simpang Demak)
Telp. (061) 7322480
Medan 
 
Http://www.accuratehealth.blogspot.com

1 komentar:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    BalasHapus