Laman

Kamis, 08 Maret 2012

Jangan Beri Anak Penderita Autisme Makanan Bergluten

Roti, mie dan sereal merupakan beberapa makanan yang mengandung gluten. Makanan yang terbuat dari tepung ini perlu dihindari pada anak-anak yang menderita autisme agar tidak memperberat gejalanya.

Autisme merupakan suatu gangguan dalam bidang interaksi sosial, komunikasi, perilaku, gangguan sensorik dan motorik, perkembangan terlambat atau tidak normal. Gangguan tersebut diderita seseorang sejak lahir atau saat batita. Hal tersebut disebabkan karena protein pada gluten dan casein tidak bisa dicerna dengan sempurna dan menghasilkan peptida protein yang mirip morphin.

Banyak orang tua yang membawa anaknya mengikuti terapi autisme, seperti terapi wicara, okupasi terapi, dan terapi utnuk mengubah perilaku. Namun tidak hanya itu yang harus dilakukan, menghindari makanan mengandung gluten juga diperlukan untuk mengurangi gejalanya. Selain gluten, juga harus menghindari makanan yang mengandung casein seperti produk olahan susu.

Penelitian yang dilakukan oleh Penn State College of Medicime, menemukan bahwa anak-anak yang menderita gejala autisme yang diberikan gluten dan casein pada susunya mengalami peningkatan gejala autisme dan perilakunya tidak terkendali. Tim peneliti menguji 387 orang tua dari anak-anak penderita autisme dan mencatat gejala autisme, dan alergi makanan pada anak mereka.

Hasilnya, mereka yang menjalani diet bebas makan gluten dan kasein, mengalami peningkatan gejala lainnya seperti daya tanggap rendah, kontak mata kosong, dan rentang perhatian. “Beberapa ahli telah menyarankan untuk membatasi konsumsi gluten dan casein yang dapat menurunkan respon imun pada anak mereka,” ujar seorang peneliti Christine Pennesi.

Anak-anak dengan autis juga mengalami masalah dalam pencernaan yang akan sulit mencerna protein susu. Penelitian yang dilakukan Mailman School of Public Health di Columbia University, menemukan bakteri pada usus anak-anak autis yang berbeda dengan anak non-autistik.

Peneliti juga akan menerapkan pada orang tua untuk tidak memberikan roti, mie, gandum, pasta, kacang-kacangan dan makanan mengandung gluten lainnya pada anak mereka yang mengalami gejala atau menderita autis. Meskipun temuan ini bersifat positif, penelitian lebih lanjut juga perlu dilakukan.

"Accurate" Health Center Medan adalah pusat pengobatan psikologi klinis, terutama pengobatan klinis di bidang anak-anak, seperti pengobatan autisme, hiperaktif, down sindrom, celebral palsy, kesulitan belajar, terlambat bicara, terlambat berjalan, dsb.

Pengobatan untuk kesehatan anak akan berupa konseling psikologi, psikoterapi, tes psikologi maupun hipnoterapi. Pengobatan akan dipadu dengan terapi akupunktur atau pijat untuk melengkapi pengobatan fisik sebagai salah satu penyebab paling besar masalah klinis anak-anak. Pengobatan akupunktur bertujuan untuk mengaktifkan syaraf anak, melancarkan aliran darah yang tersumbat, meningkatkan konsentrasi dan perhatian, dsb.

Pengobatan "Accurate" Health Center adalah pengobatan aman dan tanpa efek samping. Ramuan obat-obatan tradisional juga dapat diberikan jika diperlukan. Pengobatan fisik yang bermasalah yang ringan atau berat juga dapat diatasi, seperti demam, sakit kepala, sakit perut, menambah nafsu makan, dsb.

Hubungi Accurate Health Center Medan untuk penanganan masalah kecanduan.

"Accurate" Health Center Medan
Jl. Tilak No. 76 (Simpang Demak)
Telp. (061) 7322480
Medan

Website : http://www.accuratehealth.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar